Sukabumi Update

Dandim 0607 Sukabumi: Silahkan Nobar Film Sejarah Kelam Pemberontakan G30SPKI, Gratis

SUKABUMIUPDATE.com – Sesuai perintah Panglima TNI, Dandim 0607 Sukabumi, Letkol Inf Mohammad Mahfud Asat persilahkan masyarakat nonton bareng (Nobar) film Peristiwa G30SPKI yang digelar di masing-masing wilayah.

"Secara interent, ada perintah dari panglima untuk memberi pencerahan kepada TNI dan keluarganya. Bahwa pernah terjadi sejarah kelam pemberontakan G30SPKI yang mengakibatkan banyak korban, baik dari masyarakat sipil maupun tentara," ujar Asat kepada sukabumiupdate.com, di Makodim 0607 Jalan RE Kosasih, Kota Sukabumi, Jumat (23/9/2017).

Asat mengaku, tadi pagi di Makodim juga telah digelar Nobar khusus prajurit dan keluarganya, termasuk tadi malam di Nagrak, Cicurug, dan Gunungpuyuh.

"Antusias warga bagus, malah hampir dua ribu orang penonton. Yang digelar di wilayah Koramil-Koramil, baik Kota maupun Kabupaten Sukabumi," aku dirinya.

Bahkan banyak dari berbagai Ormas dan anak muda yang mengusulkan untuk Nobar, kata Asat. Apalagi yang tidak pernah menonton G30SPKI, lanjut dirinya, sebab waktu itu, pada 1998 sampai 2016, tidak kembali dipertontonkan.

"Film ini tentu untuk memberikan gambaran dan edukasi, bahwa ini sejarah kelam bagi kita, serta tidak boleh terulang di masa yang akan datang," imbuhnya mengingatkan.

Sementara jadwal pemutaran film, tambah Asat, ada di tiap kecamatan atau desa yang meminta digelar Nobar, Koramil hanya memberikan CD yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Kalau kegiatannya camat, dan lurah, sudah tahu di mana digelarnya. Seluruh kecamatan sudah alokasikan, di tujuh kecamatan Kota Sukabumi, dan 32 kecamatan, kabupaten yang berada di wilayah kita," terangnya.

Jika ada warga yang berminat, Asat mempersilahkam masyarakat datang ke Bhabinsa wilayah masing-masing untuk meminta CD nya, dan silahkan Nobar.

"Kami berharap, masyarakat makin tumbuh rasa Nasionalisme, Patriotik, termasuk cinta Tanah Air," tandasnya.

 

Untuk jadwal sementara malam ini, tambah Asat, akan digelar di Desa Sukaraja, besok Desa Cipurut, Kecamatan Cirengas, dan Dayeuhluhur.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI