Sukabumi Update

Wakil Bupati Sukabumi: Reforma Agraria Merupakan Komitmen Pemerintah

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, gelar upacara peringatan Hari Agraria Nasional Tahun 2017, di halaman Kantor ATR/BPN, Senin (25/9/2017).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan langsung Wakil Bupati Adjo Sardjono, Menteri Agraria dan tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sopyan A Djalil mengungkapkan, Kementeriannya dibentuk, guna menyatukan fungsi tata ruang dan pertanahan, sehingga dapat mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

“Untuk itu, sprit pengintegrasian tata ruang dan pertanahan, perlu dijiwai secara menyeluruh, hingga ke tingkat provinsi, serta kabupaten kota,” ungkap Adjo, dalam siaran pers yang diterima sukabumiupdate.com Senin malam.

Ia pun mengatakan, Reforma Agraria merupakan komitmen pemerintah, melalui program Legalisasi dan Redistribusi tanah, seluas sembilan juta hektare (Ha) yang terdiri dari 600 ribu Ha tanah transmigrasi, 3,9 juta Ha tanah legalisasi aset, 400 ribu Ha tanah bekas HGU/tanah terlantar/tanah negara, dan 4,1 juta Ha tanah pelepasan kawasan hutan.

“Program ini diharapkan dapat diselesaikan, pada tahun 2019. Sehingga diperlukan upaya serius dari kita bersama untuk merampungkannya,” ujarnya.

Adjo menambahkan, pembangunan infrastruktur adalah prasyarat untuk peningkatan produktivitas, dan daya saing nasional, serta berkembangnya investasi.

“Untuk itu, pemerintah telah mencanangkan Proyek Strategi Nasional, yang meliputi penguatan sistem logistik nasional, berupa pembangunan jalan tol, infrastruktur Kereta Api (KA), bandar udara, dan transportasi massal perkotaan. Salah satu kegiatan penting yang terkait dengan pembangunan infrastruktur tersebut, adalah pelaksanaan pengadaan tanah,” imbuhnya.

Dimana, kata Adjo, tugas pengadaan tanah saat ini dibebankan kepada Kementerian ATR/BPN, sehingga tugas dan tantangan ini harus dijawab dengan persiapan yang lebih baik, koordinasi yang lebih efektif, serta pelaksanaan yang lebih tepat waktu.

“Oleh karenanya, dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov), kabupaten kota, dan instansi lainnya, menentukan suksesnya pengadaan tanah,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Adjo pun didampingi Kepala BPN Kabupaten Sukabumi, menyerahkan sertifikat Kantor Kementerian Agama (Kemenag), dan penyerahan Satya Lencana Karya Satya 10, 20, dan 30 Tahun, kepada pegawai Kantor BPN Kabupaten Sukabumi.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI