Sukabumi Update

KPA Kabupaten Sukabumi Dorong Usaha Ekonomi Produktif Bagi Penderita ODHA

SUKABUMIUPDATE.com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), serta Yayasan Sinar, bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kesos), memberikan pelatihan usaha ekonomi produktif untuk 50 orang penderita Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), di Kantor KPA.

Penanggungjawab Yayasan LKS, Mahbub Alfarizi mengatakan, selain pelatihan juga akan diberikan uang masing-masing sebesar Rp5 juta untuk membantu usaha ekonomi yang bakal langsung ditranfer kepada 40 penderita ODHA buat dipakai modal awal.

BACA JUGA: KPA Kabupaten Sukabumi Apresiasi Deklarasi Pelajar Anti Narkoba dan Tindak Kekerasan

“Di sini yayasan kita hanya menjembatani penderita ODHA, agar hidup produktif. Mudah-mudahan dengan adanya program ini semoga uangnya digunakan usaha dan hasilnya bisa dipakai untuk kesehatan mereka, seperti rajin beli obat, minum susu, dan yang lainnya,” harapnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, tujuan utama pemberian bantuan usaha ekonomi kreatif ini agar para penderita ODHA mengalami peningkatan ekonomi, meningkatkan kualitas hidupnya, menjadikannya produktif, dan bisa menyalurkan kreativitasnya dengan adanya modal tersebut.

BACA JUGA: Sosialisasikan Pemetaan Populasi Kunci, KPA Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek

”Seperti halnya dari yang tidak mempunyai usaha ekonomi jadi mempunyai, dan yang sudah mempunyai akan semakin besar lagi usahanya,” harap Mahbub.

Sementara Asisten KPA Kabupaten Sukabumi, Dadang Sucipta menambahkan posisi KPA dalam hal ini memperhatikan sisi sosial ekonomi bagi penderita ODHA.

BACA JUGA: KPA dan Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Bentuk P2A

“Saya berharap penerima bantuan ini menjadi pengusaha besar. Dengan mempertahankan usahanya dari kecil-kecilan. Dan satu lagi, harapan saya, agar mereka tetap mau berobat serta rajin cek kesehatannya,” imbuhnya dalam kesempatan sama.

Tidak ada halangan bagi penderita ODHA untuk menjadi sukses, kata Dadang, asal ada kemaun yang tinggi, dan mau berobat. “Apa yang mereka harapkan, pasti akan tercapai,” tutupnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI