Sukabumi Update

Mencengangkan! Gorong-gorong Bawah Tanah di Kota Sukabumi Dibangun Abad 19

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak fakta terungkap tentang gorong-gorong bawah tanah yang ada di Kota Sukabumi. Diantaranya usainya yang sudah begitu tua karena diperkirakan dibangun pada abad 19.

Irman Firmansyah, Kepala Riset dan Kesejarahan di Paguyuban Soekaboemi Heritages menyebutkan bahwa gorong-gorong tersebut di bangun pada zaman penjajahan Belanda pada masa pemerintahan Rambonnet tahun 1871.

BACA JUGA: Ekspedisi Bawah Tanah Kota Sukabumi, Begini Potret Terowongan Tua Warisan Belanda

"Menurut dugaan saya dibangun pasca 1871 terutama saat pembangunan bangunan fungsional seperti pendopo, pengadilan dan bangunan disekitarnya," ujar Irman kepada sukabumiupdate.com, Rabu (3/1/2018).

Berdasarkan data tertua yang temukan olehnya,  bahwa pembangunan diarea pasar (stasiun) dibangun pada tahun 1881 dan di Ciaul 16 maret 1888, kemudian pembangunan dimasa pemerintahan Rambonnet tahun 1927 dengan direktur pekerjaan umumnya JM Knaud. Menurutnya semula gorong-gorong  merupakan sungai-sungai kecil yang banyak melintasi kota sukabumi.

"Belanda tidak membangun terowongan tapi menutupnya dengan teknologi yang disebut duiker (hong). Kalau dilihat jembatan-jembatan tua antara Bogor-Sukabumi-Cianjur, teknologi itu sudah digunakan sejak akhir 1700-an," jelasnya.

BACA JUGA: Ini Terowongan Belanda yang Akan Dijadikan Objek Wisata Kota Sukabumi

Catatan tertua yang ditemukan oleh pihaknya pada tahun 1800 sebelum Daendels masuk untuk pembangunan Duiker Cisero.

"Untuk Kota Sukabumi sendiri bertahap sesuai fungsi misalnya area stasiun dibangun tahun 1881, area lainnya sesuai masanya tapi rata-rata akhir 1800-an," ucapnya.

Rata-rata sungainya pun dalam sehingga mudah untuk dibangun dan ditutup kemudian untuk atasnya bisa difungsikan sebagai jalan atau area terbuka selain untuk drainase.

BACA JUGA: Terowongan Belanda Berpotensi Jadi Objek Wisata Kota Sukabumi

"Ini berguna saat pembangunan awal Gemeente, yang dibuat pada 1920-an seperti yang terdapat dibawah mesjid agung dan alun-alun terus ke bawah yang tujuannya tak lain untuk perbaikan drainase," ujarnya.

Irman juga menyebutkan selain untuk drainase, pembangunan gorong-gorong juga berkaitan dengan pembentukan afdeling Sukabumi 1877 dimana diperlukan bangunan-bangunan fungsional baru yang saat itu terpisah.

"Sungai-sungai kecil yang dalam sehingga beberapa sungai ditutup dan jadikan area terbuka diatasnya. Afdeling itu wilayah administratif dibawah regentschap, fungsi lainnya yang ditegaskan direktur PU saat itu Lnaud yaitu drainase untuk pencegah banjir karena Sukabumi sampai 1930-an sering banjir terutama di Bunut," paparnya.

BACA JUGA: Soal Terowongan Belanda Dijadikan Objek Wisata, Ini Kata Wali Kota Sukabumi

Pada saat itu sebagian masyarakat masih menggunakannya untuk minum dan bersih-bersih, ketika masuk pasti akan ditemukan bekas akses yang mungkin sudah ditutup. Dan fungsi pembuangan air dimaksimalkan saat pembangunan Gemeente sejak 1914.

"Konon ada isu gorong-gorong dijadikan akses pertahanan seperti bunker, dan juga isu harta karun, namun belum ada data yang saya temukan. Tapi sebagian bunker misalnya dibawah pendopo yang disambungkan aksesnya ke gorong-gorong dimungkinkan ada (lokasi bunker dibawah mushola atau mesjid kecil), fungsinya hanya sebagai akses keluar. Sehingga jika  terjadi sesuatu teknologi watermanagement Belanda pada saat itu tujuannya lebih ke pengaturan air dan drainase atau pembuangan," tutupnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI