Sukabumi Update

Jemput Bola, UPTD Dukcapil Lakukan Perekaman e-KTP di SMAN 1 Ciracap Sukabumi

SUKBUMIUPDATE.com - UPTD Dukcapil Jampang Kulon menerapkan pelayanan Perekaman data e-KTP dengan cara jemput bola. Kali ini pelayanan dilakukan kepada 200 siswa SMAN 1 Ciracap, Rabu (4/1/2018).

Pelayanan dilakukan di ruang lab komputer Sekolah.

BACA JUGA: Beredar E-KTP Aspal, Komisi I DPRD Kota Sukabumi Segera Panggil Disdukcapil

Kepala TU UPTD Dukcapil Jampang Kulon Endang Saepudin menjelaskan pelayanan diprioritaskan untuk kelas XII. Namun pada intinya siswa yang sudah siap rekaman usia harus 17 tahun (kelahiran 3/1/2001) sehingga tidak terbatas kelas dasar.

"Kami ingin menyesuaikan dengan kartu keluarga. Sebelum perekaman data, tentu ada perubahan data yang disesuaikan dengan ijazah dan akte, seumpamanya data emang harus dirubah dulu. Kalau data sudah cocok kami langsung keluarkan surat keterangan meyakinkan bahwa orang tersebut sudah melakukan perekaman, proses untuk cetak e-ktp  " ujar Endang.

BACA JUGA: Disdukcapil Kota Sukabumi Temukan e-KTP Aspal di RS Al Mulk

Setelah proses itu, Dukcapil kemudian mengirimkan data ke mendagri, untuk cetak e-KTP. Hanya sana, Dukcaapil tidak bisa menentukan kapan bisa di cetak karena kewenangan Mendagri untuk kembali mengirimkan data lewat sistem.

Lebih lanjut Endang mengatakan tujuan jemput bola pada intinya untuk memudahkan administrasi kewarganegaraan. Sasaran pelayanan bukan sebatas sekolah saja ada juga Desa dan pondok pesantren.

BACA JUGA: Warga Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Pertanyakan Blanko e-KTP

Pelayanan ini tanpa ada pungutan biaya.

"Sekaligus ini sebagai program penyisiran warga negara Indonesia yang wajib mempunyai KTP elektronik, yang sudah kami lakukan selain SMAN 1 Ciracap, juga SMAN 1 Surade, SMK Kelautan Surade, SMK Bina Bangsa Surade, "tegasnya

BACA JUGA: 54 Ribu Blanko e-KTP Belum Bisa Dicetak, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Terbitkan Suket

Komite Sekolah SMAN 1 Ciracap Ade Ub (50 tahun) mengungkapkan terima kasih kepada UPTD Dukcapil Jampang Kulon karena telah memudahkan siswa untuk tertib administrasi.

"Dengan adanya program jemput bola ini, sangat dimudahkan untuk perekaman data, kalau perorangan dan harus datang ke kantor biasanya suka malas  juga "bebernya

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI