Sukabumi Update

PDAM Bojonggenteng Butuh Tambahan Suplai Air Cibuntu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk mengoptimalisasi distribusi ke pelanggan, PDAM Cabang Bojonggenteng membutuhkan suplai tambahan dari sumber dari mata air Cibuntu di Kecamatan Cidahu.

Kepala Cabang PDAM Bojonggenteng Eni Sumarni menuturkan saat ini jumlah Saluran Pelanggan (SL) cabang Bojonggenteng sebanyak 1.435 adapun yang melalui program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), hanya 294 pelanggan dengan pemasangan tahun 2017.

BACA JUGA: PDAM Parakansalak Kabupaten Sukabumi Targetkan 300 Pemasang Baru

Karena persedian air kurang maka, untuk Tahun 2018 tidak ada program MBR.

"Stok air untuk pendistribusian ke pelanggan tidak mencukupi, pemakaian air 18.625 liter perdetik setiap bulan dan itu relatif, tergantung pemakaian konsumen," jelasnya.

Sementara sesuai stok debit air dari sumber mata air Cipadurenan Kalapanunggal, hanya 20 liter perdetik. Itupun di bagi dua dengan Cabang Kalapanunggal, oleh karena itu tidak mencukupi suplai air ke konsumen," imbuh Eni

BACA JUGA: Air PDAM Lancar, Pelanggan di Cicurug Kabupaten Sukabumi Senang

Jarak dari sumber mata air tersebut yang sangat jauh, sekitar 25 Kilometer dengan sistem penyedotan air tidak menggunakan mesin pompa, hanya menggunakan sistim gravitasi. Sehingga sedikit ada keterlambatan distribusi ke konsumen.

"Harapan kami pengembangan SL tetap ada, namun mengingat debit air dari mata air (Cipadurenan) tidak memungkinkan. Kami berharap diprogram berikutnya suplai bisa dari sumber mata air Cibuntu Cidahu. Sehingga bisa menambah jumlah SL,"jelasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI