Sukabumi Update

Cara Unik Warga Kampung Tegalpari Kota Sukabumi Pilih Ketua RW, Dikemas Seperti Pilkada

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Tegalpari RW 11, Kelurahan Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, melaksanakan pemilihan Ketua RW layaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ketua Panitia Pemilihan RW Ikbal Mutaqin menuturkan, butuh waktu hingga satu bulan untuk tahap persiapan yang meliputi pembentukan panitia, penjaringan calon, mempersiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga pemaparan visi misi calon.

BACA JUGA: Warga RT 09/03, Desa Bojonggaling Punya Ketua RT Baru

"Termasuk APK (Alat Peraga Kampanye) seperti banner dan spanduk kami persiapkan," ujar Iqbal, kepada sukabumiupdate.com, Minggu (21/1/2018).

Iqbal mengaku, pemilihan RW seperti ini baru pertama kali dilakukan di wilayahnya dan momennya berdekatan dengan dimulainya Pilkada.

"Kalau tahun sebelumnya hanya kumpul saja dan langsung memilih tanpa ada tahapan seperti sekarang ini," kata Iqbal.

Menurut Iqbal, pemilihan RW yang dikemas seperti ini bertujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan warga dalam menghadapi Pilkada dan Pemilu. Termasuk dalam hal mempertimbangkan pilihan.

"Membuka wawasan dan pikiran warga agar lebih cerdas menilai sosok pemimpin minimal ditingkat ke RW-an. Sekaligus membantu KPU Kota Sukabumi untuk sosialisasi," jelasnya.

Dalam pemilihan RW ini ada dua calon yang maju yakni Asep Priatna-Dadang Setia dan Ade Helmi - Ai. Mengenai hak pilih, yaitu dalam satu Kepala Keluarga (KK) yang berhak memilih hanya satu orang saja.

"Kalau yang mempunyai hak suara hampir 800 orang dari empat RT di RW 11. Alhamdulillah tingkat partisipasinya juga bagus sekitar 90 persen. Kalau anggaranya dari kas RW," pungkasnya.

BACA JUGA: Ketua RT Se-Desa Sukamaju Kabupaten Sukabumi Ikuti Pelatihan Pengolahan Sampah

Sementara itu, Irfan Firdaus (34 tahun) warga RT 03 mengapresiasi pemilihan ketua RW bisa dilakukan secara demokratis dan pengalaman memilih RW sepeti ini baru pertama kali dirasakanya.

"Bagus, kreatif dan mendidik warga agar demokratis serta transparan. Mudah mudahan bisa lebih ditingkatkan dan dipertahankan," singkatnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI