Sukabumi Update

Lestarikan Budaya, Kelurahan Surade Sukabumi Gelar Pentas Seni Sunda

SUKABUMIUPDATE.com - Para pegawai Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, merasa prihatin dengan minimnya ketertarikan generasi muda terhadap Seni Budaya Sunda. Oleh karena itu, mereka berinisiatif menggelar pertunjukan Seni Sunda yang bakal rutin digelar setiam malam Minggu.

BACA JUGA: Lestarikan Budaya Lewat Pentas Seni Sunda

Para pegawai Kelurahan Surade menggandeng seniman di wilayahnya. Pertunjukan yang digelar berupa pentas seni musik degung, dan rampak gendang. Ada pula penampilan seni tari Sunda dan Pencak Silat.

"Alhamdulillah akhirnya kami bisa mewujudkan keinginan dari para pegawai juga pemuda yang tergabung di Karang Taruna Kelurahan Surade," ujar Lurah Surade, E‘ah Nurlaila kepada sukabumiupdate.com belum lama ini.

BACA JUGA: Pentas Seni di Parungkuda Kabupaten Sukabumi untuk Ngamumule Budaya Sunda

Melalui pentas seni ini, Kelurahan Surade mengeksplorasi bakat seni Sunda para pegawainya. Nyatanya, hampir semua pegawai Kelurahan Surade punya bakat seni Sunda, salah satunya pencak silat khas Pajampang.

Seperti yang ditampilkan Sekretaris Kelurahan, Rimbayana. Gerakan Silatnya selaras dengan rampak gendang yang dimainkan Kaur Trantib, Lala Lesmana.

BACA JUGA: Festival Seni UPK Cidahu Kabupaten Sukabumi Kembangkan Kreativitas Anak

"Kami berharap kegiatan ini disamping menjadi ajang pelestarian budaya kearifan lokal, juga bisa menjadi sarana untuk menggali dan mengembangkan bakat masyarakat," tuturnya.

"Kedepannya, kami berharap kegiatan ini akan semakin meriah lagi, Sehingga Kelurahan Surade menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi," pungkas E‘ah.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI