Sukabumi Update

ASN Pemkab Sukabumi Disawer TKD, Nonon: Itu Resep Tambahan Dongkrak Kinerja

SUKABUMIUPDATE.com - Penerapan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi pada tahun ini merupakan berkah bagi ASN untuk mendongkrak peningkatan kinerja. Namun hal itu bukanlah alasan utama bagi setiap ASN sebagai pemicunya akan tetapi niatan tulus dan ikhlas.

Seperti yang diterapkan Pengawas dan Koordinator (Waskor) Kepariwisataan Kabupaten Sukabumi, Nonon Nuraeni Rani, dirinya menganggap TKD merupakan resep tambahan untuk mendongkrak peningkatan kinerja. Namun niatan tulus dan ikhlas yang menjadi dasar motivasi dalam menjalankan tugas.

BACA JUGA: Wabup Sukabumi Minta ASN Harus Netral

Apalagi sebagian besar kantor obyek pariwisata jauh dari pusat pemerintahan sehingga pengawasan aktivitas kerjanya agak sulit dilakukan oleh pucuk pimpinan.

“Makanya saya tekankan kepada staf, masalah penilaian kinerja bisa direkayasa karena kerja kita tidak terpantau kepala dinas ataupun pimpinan daerah. Akan tetapi Allah maha tahu bagaimana kinerja kita. Untuk itu, tanpa pantauan pimpinan pun kita harus tetap laksanakan perintah dengan sebaik-baiknya,” ujar Nonon saat memimpin apel sore di halaman kantor UPTD Pondok Halimun, Jumat (3/3/2018).

BACA JUGA: Jelang Tahun Politik, Bupati Sukabumi Minta ASN Netral

Memang, kata Nonon, salah satu syarat mendapatkan TKD diantaranya harus melaksanakan kegiatan apel pagi dan sore. Sebab, dalam kegiatan apel tersebut pegawai akan diberikan arahan tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) baik sebelum ataupun setelah melaksanakan tugas.

“Pelaksanaan apel ini sangat bermanfaat, karena sebelum bekerja mereka diberikan arahan tentang tupoksinya sehingga bisa melaksanakan tugas secara optimal,”

Kendati demikian, Nonon menegaskan, penerapan TKD bukanlah alasan utama untuk meningkatkan kinerja akan tetapi harus didasari rasa tanggung jawab yang tulus dan ikhlas.

BACA JUGA: Sekda Iyos: Tahun Ini Pemkab Sukabumi Berlakukan Anggaran Berbasis Kinerja

“Alhamdulillah, setelah ada TKD, kita terpacu untuk betul-betul bekerja. Namun, jangan hanya karena itu tapi niat karena Allah,” tandasnya.

Oleh sebab itu, sambung Nonon, meskipun kantornya jauh dari pantauan pimpinan akan tetapi tuhan Maha tahu atas apa yang dikerjakan hambanya.

“Meskipun tidak terpantau kepala dinas ataupun Bupati tapi Allah SWT maha tahu dan yang terpenting berikan kineja terbaik,” pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI