Sukabumi Update

Wow! Aksi 2.130 Iket Sunda di HUT ke 104 Kota Sukabumi Pecahkan Rekor Dunia

SUKABUMIUDPATE.com - Aksi penggunaan iket Sunda pada kegiatan Bhakti Lemah Cai dalam rangka HUT Kota Sukabumi ke 104 di Gedung Widaria Kencana (GWK) mendapatkan rekor dunia dari Record Holders Republic (RHR).

Indonesia Vice Presindent of RHR, Lia Mutisari mengatakan, pemberian rekor dunia itu berkaitan penggunaan iket Sunda terbanyak dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  HUT Kota Sukabumi ke 104, Puluhan Komunitas Tanam Pohon dan Tebar Ikan

"Ada 2.130 orang yang memakai iket Sunda dalam kegiatan ini," ujarnya kepada awak media, Jumat (30/3/2018).

Lia menambahkan, rekor iket Sunda tersebut mengalahkan daerah Karawang yang sebelumnya menggunakan iket Sunda sebanyak 1162. Selain itu, rekor ini pun terdapat nilai plusnya.

BACA JUGA: Tarian di Heleran Kota Sukabumi Menyita Perhatian Masyarakat

"Kalau di Karawang masuknya rekor nasional, tapi ini rekor dunia. Ditambah dengan kegiatan plus lainnya seperti tanam pohon, bersih sungai, dan tanam ikan," bebernya.

Pemberian rekor tersebut, kata Lia, berdasarkan proses penghitungan secara manual oleh RHR atau penghitungan secara langsung di lapangan.

 "Dari penyebaran 2.200 iket, hanya 2.130 yang terdata dan tercatat di kami," pungkasnya.

BACA JUGA: Seni Budaya se-Jabar Tampil di Acara Helaran Kota Sukabumi

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Ade Ruli Bahtiar mengatakan, rekor dunia RHR ini awalnya hanya berjumlah 2018 sesuai dengan tahun sekarang. Namun karena antusias masyarakat cukup banyak. Sehingga bertambah melebihi target.

"Pesertanya dari 99 komunitas baik dalam kota maupun Luar Kota Sukabumi dan targetnya ternyata melewati yang diharapkan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI