Sukabumi Update

Santri dan Ormas Islam di Sukabumi Dorong Pengakuan Pahlawan Nasional untuk KH Ahmad Sanusi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah santri dan sejumlah ormas Islam menggelar aksi gerakan masyarakat mendukung KH A Sanusi sebagai Pahlawan Nasional di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Sabtu (7/4/2018).

Aksi tersebut dimeriahkan adu kemampuan puluhan pesilat santri Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath, termasuk memainkan bola leungeun seneu (Boles). Salah satu kesenian khasnya.

BACA JUGA: Proyek Akses Jalan Double Track, Serap Ratusan Pekerja di Cicurug Sukabumi

Pimpinan Ponpes Al-fath sekaligus ketua panitia, Fajar Laksana mengatakan, KH.A.Sanusi adalah salah satu tokoh dan ulama di Sukabumi yang menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dukungan untuk pemberian gelar pahlawan ini perlu digaungkan, karena KH A Sanusi telah memberikan sumbangsih terhadap pembentukan negara Indonesia.

"Berdasarkan hasil kajian dari para pakar, bahwa KH Ahmad Sanusi sebagai ulama telah memberikan sumbangsih terhadap pembentukan negara Indonesia," ujarnya dalam sambutan.

BACA JUGA: Geco Jalur Kota Sukabumi, Makanan Lawas Sejuta Umat

Menurutnya, Negara ini dibentuk dan diperjuangkan oleh para ulama di Indonesia demi kepentingan bangsa. Meskipun almarhum tidak menginginkan di kukuhkah sebagai pahlawan.

"Kita sebagai generasi bangsa patut menghargai perjuangan beliau. Melalui jalan ini mudah mudahan KH A. sanusi bisa memeroleh gelar pahlawan," harapnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI