Sukabumi Update

Kades Minta Event dengan Sarana Infrastruktur Geopark Ciletuh Harus Seimbang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi semakin getol mempromosikan Geopark Ciletuh diantaranya melalui event Fun Day Towards Unesco Global Geopark di Pantai Palangpang, Minggu (15 /4/2018).

Melalui promosi tersebut, para Kepala Desa (Kades) yang berada di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi berharap Geopark Ciletuh lebih dikenal. Tapi tak sekedar menggelar banyak event. Penataan sarana infrastruktur dan keterlibatan Pemerintah Desa (Pemdes) menjadi hal yang harus diperhatikan.

BACA JUGA: Kades Girimukti Ciemas Sukabumi Jajakan Dadar Pelangi di Fun Day GCP

"Bagi kami bukan hanya event saja tetapi ada penataan terutama di taman pesisir. Jangan sampai pengunjung merasa kecewa dan tertipu. Kalau melihat dari medsos atau Internet Geopark Ciletuh cukup indah namun pas datang ke lokasi masih berantakan. Terutama perluasan taman pesisir dari pantai Palangpang Desa Ciwaru sampai ke pantai Cikadal Desa Mandrajaya," ujar Kades Ciwaru Taopik Guntur Rohmi kepada sukabumiupdate.com.

Menurut dia, dalam hal memajukan Geopark Ciletuh harus ada sinergitas antara pengelola terutama Dinas Pariwisata dengan Pemdes. Sebab pemdes punya konsep hanya minim anggaran.

"Kami disini memang punya keinginan kuat namun kendala anggaran," terangnya.

BACA JUGA:  Kue Putri Noong di Stand Fun Day Desa Ciemas Sukabumi

Hal senada diungkapkan, Kades Mandrajaya Agustina Abdul Hasanudin. Menurut dia, event yang digelar sangat bagus, tapi harus ditunjang dengan adanya penataan di pesisir taman pantai dan infrastruktur yang masuk kedua desa. 

"Akses yang menghubungkan pantai Palangpang dan Cikadal. Kami punya potensi seperti pulau Mandra dan Pulau Kunti namun akses yang masih belum mendukung," tukasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI