Sukabumi Update

Gempa Tektonik 3,3 SR Guncang Gunung Salak

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa tektonik berkekuatan 3,3 SR mengguncang wilayah Gunung Salak, sekitar pukul 18.11 WIB, Rabu (2/5/2018). Gempa terasa di beberapa wilayah, di Kabupaten Sukabumi dan Bogor.

Berdasarkan data, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik pusat gempa berada di koordinat 6.80 lintang selatan-106.68 bujur timur. Lokasinya berada di darat, sekitar 27 kilometer arah barat daya Kota Bogor.

BACA JUGA: Jalan Cikembar-Cicantayan Kabupaten Sukabumi jadi Wahangan Saat

"Pada kedalaman 14 kilometer," dikutip dari rilis pers tertanda Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selata, Joko Siswanto.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, dampak gempabumi berupa guncangan lemah disekitar Gunung Salak. Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi dirasakan di daerah Gunung Salak, Bogor dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempabumi.

BACA JUGA: Warga Blokir Jalan Rusak Penghubung Cikembar-Cicantayan Sukabumi

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal.

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat di sekitar wilayah Gunung Salak, Bogor dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI