Sukabumi Update

Para Penggarap Lahan Eks HGU PT Tybar Kawal Komitmen Pemkab Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah petani penggarap lahan eks HGU PT Tybar menggelar aksi damai di depat Sekretariat Daerah Pemkab Sukabumi, Senin (14/5/2018). Massa akan mengawal komitmen pemerintah daerah yang disampaikan oleh Wakil Bupati, Adjo Sardjono.

Sekjen Serikat Petani Reforma Agraria (SPRA), Bayu Nugraha, mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang disampaikan wabup. Kendati demikian pihaknya tetap akan menempuh prosedur terhadap sejumlah kasus yang masih ditemui di lapangan.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Komitmen Tuntaskan Masalah Petani Penggarap Eks HGU PT Tybar

"Kami juga akan menempuh proses melalui penegakan hukum yang berlaku, karena diduga ada beberapa oknum dari pemerintah yang dengan sengaja bermain di tanah eks HGU PT Tybar Kecamatan Cisolok," ujar Bayu ditemui usai aksi.

Korlap Aksi, Habib Akhmad Yazdi Al Idrus menambahkan, para petani penggarap sangan mengharapkan pemerintah daerah untuk mengakomodir keinginan terhadap kepastian hukum lahan.

BACA JUGA: Lagi, Petani Penggarap Lahan Eks HGU PT Tybar Cisolok Sukabumi Gelar Aksi Damai

"Banyak sekali hari ini lahan warga yang di duga kuat, Surat Pelepasan Hak (SPH) tersebut tidak diterima oleh yang betul-betul menggarap lahan. Bahkan diduga ada pejabat yang menguasai lahan di situ, " kata Habib.

Oleh karena itu, Habib menilai perlu perhatian pemerintah untuk menegur aparat pemerintahnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI