Sukabumi Update

Ditembak Bius, Macan Tutul Dievakuasi dari Kolong Rumah Warga Perbawati Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dokter hewan dari Taman Safari Indonesia (TSI) mengevakuasi seekor macan tutul dari kolong rumah warga di Kampung Perbawati, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kamis (17/5/2018).

Macan tutul itu terlebihi dahulu ditembak bius. Sebanyak dua kali tembakan bius meleset dan peluru ke tiga baru bisa membius hewan bernama latin Panthera pardus melas tersebut. Ketegangan pun berakhir sekitar pukul 13.30 WIB.

"Kami agak kesulitan menembak pantat hewan itu. Sebab tadi terlalu banyak batu dan rintangan di bawah kolong," kata drh Bongot dari TSI.

Lebih lanjut, Cairan bius medetomidin dan ketamin yang ditembakan ke hewan liar tersebut biasanya 10 menit baru bereaksi, setelah benar-benar tidak sadar barudiambil.

BACA JUGA: Macan Tutul Masuk Kolong Rumah Milik Warga Perbawati Sukabumi, Penghuni Mengungsi

"Posisi macan tutul sempat berpindah-pindah karena merasa terganggu. Beruntung lubang disekitar rumah ditutup dengan papan kayu sehingga pasca penembakan tidak lari keluar," ucapnya.

Petugas lalu membongkar lantai rumah milik Goci, hewan yang sudah dalam keadaan tidak sadar itupun di bawa petugas ke Kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk diberikan perawatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI