Sukabumi Update

Peternak Ciracap Sukabumi Cemas Beberapa Ekor Kambing Mati Mendadak

SUKABUMIUPDATE.com - Peternak di Kampung Jaringao, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, cemas dengan kematian beberapa ekor kambing yang terjadi secara beruntun.

Kambing yang mati salah satunya milik Sarwono (42 tahun) peternak di Kampung Jaringao RT 07/02. Dua ekor kambing miliknya yang awalnya sehat ditemukan mati di kandang pada Kamis (24/5/2018).

"Pada hari itu sebanyak dua ekor kambing mati mendadak. Pagi satu ekor dan sorenya satu ekor. Kejadian tersebut juga dialami oleh beberapa peternak yaitu pak Usip, pak Apid, bu Enung, pak Rawing, dan pak Darmin," jelasnya. 

Sarwono heran dengan kejadian ini karena kambing dalam keadaan sehat sebelumnya dan tidak menandakan sakit. Ia berharap pihak terkait segera melakukan tindakan untuk mencegah kematian kambing semakin meluas.

"Secara mendadak kambing tersebut mati, hampir mirip penyakit unggas seperti flu burung yang kena terhadap ayam," ujarnya.

Peternak lainnya, Apid (54 tahun) mengungkapkan, sebanyak 12 ekor kambing miliknya mati secara mendadak dan beruntun. Peristiwa ini terjadi pada bulan ini.

"Yang mati banyak pertama delapan ekor dan kini menjadi 12 ekor. Saya berharap ada tindakan dari dinas terkait," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI