Sukabumi Update

Belasan Kambing Mati di Ciracap Sukabumi Akibat Keracunan Herbisida

SUKABUMIUPDATE.com - Teka-teki penyebab kematian belasan ekor kambing di Kampung Jaringao, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, akhirnya terungkap.

Dari hasil pemeriksaan kandang dan meminta keterangan dari peternak, pihak UPTD Peternakan wilayah Jampangkulon menyimpulkan 12 ekor kambing yang mati kemungkinan akibat keracunan herbisida atau pembasmi rumput.

Herbisida diperkirakan dipakai di kawasan perkebunan Citesplong karena saat ini sedang ada peremajaan pohon kelapa.

"Memang keracunan herbisida tidak secara spontan, proses waktu bisa dua-tiga bulan baru mengalami penurunan kondisi dan akhirnya mati," ujar Kepala UPTD Peternakan Wilayah Jampangkulon Mustopa Alamsyah kepada sukabumiupdate.com, Senin(28/5/2018).

BACA JUGA: Peternak Ciracap Sukabumi Cemas Beberapa Ekor Kambing Mati Mendadak

Menurut Mustopa, selama melakukan investigasi tidak didapatkan bangkai kambing yang baru untuk dijadikan sampel pemeriksaan di laboratorium. Terkait kejadian ini, pihaknya menghimbau peternak lebih hati-hati memberi pangan untuk ternaknya dan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan penyuluhan.

"Kepada peternak kalau mengembala jangan di tempat yang baru disemprot obat rumput, harus hati hati pemakaian herbisida," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI