Sukabumi Update

Debit Sumber Air PDAM Kota Sukabumi Surut, Suplay Terganggu

SUKABUMIUPDATE.com - Debit suber air Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa (PDAM TBW) Kota Sukabumi surut belakangan ini. Akibatnya suplay air ke pelanggan terganggu.

Kepala Bagian Teknik PDAM TBW Kota Sukabumi, Toto Sucipto menjelaskan, penurunan debit terjadi di semua sumbe air. Baik di Batukarut, Cigadog, maupun intake Cinumpang di Kadudampit.

Sumber air di batu karut saat ini hanya memproduksi 94 liter per detik di siang hari. Sementara di malam hari, debit menjadi 124 liter per detik karena ada bantuan pompa. Itu masih jauh dibawah kondisi normal yakni 150 liter per detik.

Kemudian di Cigadog, debit air saat ini 35 liter per detik, menurun dari produksi normal yakni 50 liter per detik. Sementara di Cinumpang, rata-rata hanya mampu mensuplai 230 liter per detik dari kapasitas 250 liter per detik.

"Sumber air baku kami ada tiga itu. Adapun sumur bor dalam, kami punya 8 titik. Tapi relatif stabil dan itu mulai diaktifkan sebagai tambahan kapasitas," ujar Toto kepada sukabumiupdate.com, Kamis (12/7/2018).

Humas PDAM TBW Kota Sukabumi, Susi Siswayanti menambahkan, surutnya sumber air baku dipengaruhi faktor cuaca. Pihaknya terpaksa menggilir suplay air ke pelanggan.

BACA JUGA: Pemakaian Air Meningkat, 3 Cabang PDAM Kabupaten Sukabumi Alami Gangguan

"Pelayanan jadi kurang maksimal. Termasuk ke rumah saya pun, air pam cuma mengalir kalau malam hari," tutur Susi.

Padahal, berdasarkan analisis sebelumnya, debit air seharusnya bisa memenuhi kebutuhan pelanggan PDAM Juli hingga Oktober mendatang. Namun, penyusutan sumber air terjadi sekitar satu dua minggu terakhir.

Atas hal ini, pihaknya mengimbau para pelanggan untuk memaklumi. Serta lebih bijak memanfaatkan air jika sedang mengalir.

BACA JUGA: Dua Bulan Pasokan Air PDAM ke Benteng Kota Sukabumi Terganggu

"Hemat air. Kalau sudah penuh air penampungannya, kerannya ditutup. Biar yang lain juga kebagian, saling empati sesama pelanggan," kata Susi.

Susi menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan suplay air untuk menghubungi PDAM TBW di kantor pusat maupun cabang. PDAM TBW Kota Sukabumi menyiagakan satu tangki untuk suplay air.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI