Sukabumi Update

Terasa Hingga Sukabumi, Gempa di Lebak Akibat Aktivitas Sesar Aktif di Zona Bayah

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa yang mengguncang Minggu (15/7/2018) siang berpusat di Lebak, Banten dengan kekuatan 4,8 skala Richter.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan mengungkapkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi dengan koordinat episenter pada 6.93 LS dan 106.37 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 KM arah Tenggara Kabupaten Lebak, Propinsi Banten pada kedalaman 2km.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan sesuai dengan laporan masyarakat sekitar, gempa ini dirasakan di daerah Cikatomas, Cisolok, Cijaku, Cicurug, Cisaat, Kabandungan, Malingping, Panggarangan, Panimbang, Palabuhanratu dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI)," jelasnya.

BACA JUGA: Gempa Guncang Sukabumi, Berpusat di Lebak Banten

Joko menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempabumi yang terjadi pukul 14.26 WIB ini. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di zona Bayah.

"Hingga laporan ini dibuat pukul 15:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya," ujarnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI