Sukabumi Update

Sungai dan Irigasi di Desa Mekarsari Sukabumi Tercemar, Ikan di Kolam Mendadak Mati

SUKABUMIUPDATE.com - Aliran air di sungai Cicatih dan saluran irigasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, diduga tercemar limbah. Air di sungai dan irigasi berwarna hitam serta menimbulkan bau menyengat.

Air dari aliran irigasi ini menyebabkan ikan di kolam mendadak mati. Air tersebut mengalir melewati Kampung Cicewol RT 01/01 dan RT 02/02 juga Kampung Ciutara.

Menurut warga keadaan tersebut sudah terjadi sekitar satu minggu ini. Namun warga tak tahu pasti, penyebab pencemaran sumber air tersebut berasal dari mana.

"Meskipun sekarang masih bau namun sudah mendingan, sebelumnya baunya sangat menyengat hingga membuat pusing," ujar Nengsih (52 Tahun) warga Kampung Cicewol.

Menurut Nengsih, sebelum tercemar warga menggunakan air di dekat kolam ikan untuk mencuri pakaian dan perabotan dapur. Apabila air kotor tersebut kena tangan, baunya terus nempel.

Ikan yang mati mendadak diduga akibat air kolam yang tercemar.

"Jika kita gunakan buat cuci tangan baunya nempel," singkat Nengsih.

Hal serupa dirasakan warga Kampung Ciutara RT 01/01. Di kampung ini ikan yang dipelihara juga banyak yang mati.

BACA JUGA: Gawat! Sungai di Kota Sukabumi Tercemar Limbah Rumah Tangga

"Banyak ikan di kolam tetangga pada mati, seperti kolam pak Ujang Badrudin, Deden, Jangkung dan pak Wawan, bukan hanya ikan yang mati. Dulu pernah bau namun tidak seperti sekarang ini. Saya berharap kepada pemerintah agar menindaklanjuti persoalan pencemaran limbah yang terjadi karena sangat membahayakan masyarakat," jelasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI