Sukabumi Update

Dikarantina di PPSC Nyalindung Sukabumi, Begini Kondisi Buaya yang Bernama Dewi

SUKABUMIUPDATE.com - Dewi, buaya yang dipelihara di sebuah villa di Palabuhanratu saat ini masih berada dalam karantina di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Buaya muara betina yang memiliki panjang sekitar 3 meter ini dalam kondisi baik.

BACA JUGA: Dipelihara di Villa Palabuhanratu, Buaya bernama Dewi Diberi Makan Ayam dan Bandeng

"Kondisinya baik. Tapi kesehatanya masih kita pantau," ujar aktivis satwa liar PPSC Budiharto kepada sukabumiupdate.com, Jumat (20/7/2018).

Lebih lanjut Budiharto mengungkapkan, untuk pelepasliaran Dewi dilakukan setelah kondisinya benar-benar baik. Tapi untuk pelepasliaran juga tergantung dari habitatnya. Menurut Budiharto, habitat harus aman untuk buaya dan aman untuk manusia.

Namun apabila tidak ada habibat yang sesuai maka, buaya bisa masuk lembaga konservasi dan hal tersebut mesti dikoordinasikan dengan Kementerian Perhutanan.

Budiharto mengungkapkan, untuk satwa jenis reptil, perawatannya tidak sulit. Berbeda dengan jenis primata.

BACA JUGA: Detik-detik Menegangkan Evakuasi Buaya di Villa Palabuhanratu

"Beda dengan jenis primata, reptil tidak rumit," singkatnya.

Sebelumnya, Dewi dievakuasi ke PPSC dari sebuah villa di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Senin (16/7/2018). Dewi dipelihara di villa tersebut sudah 10 tahun, selama itu Dewi diberi makan ayam dan ikan bandeng.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI