Sukabumi Update

Hadapi Kekeringan, BPBD Kabupaten Sukabumi Siagakan Lima Mobil Tangki

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah wilayah yang mengalami kekeringan. Data sementara, laporan dampak kemarau panjang terjadi di 12 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

"Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat kami sudah kirim air bersih per dua hari sekali. Insya Allah BPBD siap menerjunkan lima unit tangki penyaluran air bersih," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman kepada sukabumiupdate.com, Senin (30/7/2018).

Lima unit mobil tangki akan disiagakan di sejumlah wilayah. Yakni di satu unit di Palabuhanratu, tiga tangki di Markas BPBD, dan satu unit untuk suplai air bersih ke wilayah Jampang Kulon, Surade dan sekitarnya.

"Yang di Mako untuk suplai air ke kecamatan-kecamatan lainnya. Penyaluran bantuan air bersih ini sudah kami lakukan sejak sepekan lalu," tuturnya.

"Ini sebagai upaya antisipasi, jangan sampai masyarakat kesulitan air minum. Dan tidak menutup kemungkinan data kekeringan setiap hari, setiap minggu akan bertambah dan mudah-mudahan tidak seperti tahun 2017," tambahnya.

BACA JUGA: 12 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi Alami Kekeringan

Eka mencatat ada beberapa wilayah kecamatan yang rawan kesulitan air bersih. Diantaranya Kecamatan Warungkiara, Bantargadung, dan Palabuhanratu.

"Satu unit tangki bisa mengangkut air 5.000 air untuk kebutuhan minum," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI