Sukabumi Update

Jembatan Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Was-was, Kayu Lapuk dan Rangka Berkarat

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan gantung Cibodas yang menghubungkan antara dua kecamatan dalam kondisi memprihatinkan. Badan jembatan yang terdiri dari papan kayu sudah lapuk demikian juga dengan rangka jembatan yang sudah berkarat.

Jembatan yang melintang di atas sungai Cibodas ini begitu penting karena menghubungkan antara Desa Banjarsari Kecamatan Cidadap dengan Desa Curugkembar Kecamatan Curugkembar.

BACA JUGA: Jembatan Nyaris Roboh di Caringin Gegerbitung Sukabumi, Warga Bangun Akses Dari Bambu

Kerusakan ini sudah terjadi selama 14 tahun dan hingga kini belum tersentuh perbaikan.

"Sudah hampir 14 tahun jembatan ini belum pernah diperbaiki, kondisinya sangat mengkhawatirkan," kata Kepala Dusun Banjarsari, Desa Banjarsari Mulyadi, Jumat (3/8/2018).

Mulyadi mengatakan, selama ini perbaikan jembatan gantung dengan panjang 20 meter dan lebar 1,5 meter ini mengandalkan swadaya masyarakat. Seperti perbaikan yang dilakukan bersama mahasiswa.

"Kami warga Kampung Cimahi bersama Mahasiswa STISIP Widyapuri Sukabumi melakukan kegiatan gotong royong memperbaiki jembatan tersebut," jelasnya.

BACA JUGA: Anak Terjatuh Masuk Kolong Jembatan Cibuni Bukan di Cidadap Sukabumi

Mahasiswa STISIP Widyapuri Sukabumi Deris Munandar mengungkapkan, perbaikan yang dilakukan yaitu mengganti papan kayu yang sudah lapuk dan menambal badan jembatan yang bolong. Selain itu mengganti sebagian besi rangka dan mencat ulang rangka jembatan tersebut.

"Sekarang kondisinya lumayan, namun tetap harus hati-hati untuk penggunanya," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI