Sukabumi Update

Ingin Jalan Bagus, Pemdes Cilangkap Ajukan Perbaikan ke Staf Kepresidenan

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan sepanjang 15 KM penghubung Desa Cilangkap dan Desa Langkapjaya Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, sudah belasan tahun tidak tersentuh perbaikan dan masih berbatu.

Jalan tersebut begitu penting bagi warga, terutama untuk mengangkut hasil pertanian dan kebun.

Kaur Kesra Desa Cilangkap Gimin Paeno mengungkapkan, pemerintah desa (pemdes) tak diam dengan keadaan ini karena sudah beberapa kali mengajukan perbaikan jalan dari Kampung Patok Besi Desa Cilangkap menuju Langkajaya ini.

Pengajuan perbaikan yang dilakukan Pemdes Cilangkap bukan hanya ke pemerintah daerah saja, tapi hingga ke staf kepresidenan.

"Kami sudah berupaya mengajukan proposal perbaikan dari tingkat kabupaten bahkan hingga staf kepresidenan," ungkap Gimin.

BACA JUGA: Warga Kampung Ciheulanghilir Sukabumi Pasang Spanduk Protes Jalan Rusak

Akibat kerusakan jalan tersebut, warga pun kesulitan mengangkut hasil pertanian diantaranya buah pisang. Petani tidak dapat meraup keuntungan dari panen pisang karena ongkos angkut yang mahal sebab kondisi jalan.

"Masyarakat disini kesulitan membawa hasil pertanian, padahal pisang adalah komoditas unggulan daerah kami, namun saat ini terbentur harga ongkos yang mahal akibat jalan rusak," ungkap Budi Hermanto (36 tahun) petani Desa Langkapjaya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI