Sukabumi Update

Sebanyak 2.000 Terumbu Karang Ditanam di Perairan Ujunggenteng Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Sumber Daya Alam Laut dan Perikanan Ujunggenteng, bersama anggota Pos Pengamatan TNI AL, melakukan penanaman subratsi bibit terumbu karang di perairan Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis 30 Agustus. Selama 2018, tak kurang dari 2.000 terumbu karang ditanam di sekitar perairan tersebut.

Komandan Posmat TNI AL Ujunggenteng, Pelda Sopian, mengatakan ada 300 subtratsi bibit terumbu karang yang ditanam hari ini. Penanaman juga melibatkan siswa SMK Bina Bahari.

Penanaman dilakukan di kedalaman 6 meter, sekitar 300 meter dari bibir pantai. Penanaman terumbu karang tersebut bukan kali pertama.

BACA JUGA: Aksi Penanaman Terumbu Karang di Ujunggenteng Sukabumi

"Ini sebagai bentuk kepedulian dari Pokmaswas, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, dan juga para siswa," tutur Sopian.

Sementara itu, anggota Pokmaswas, Nana Septiansyah, mengatakan selama 2018 pihaknya sudah enam kali melakukan transplantasi terumbu karang di perairan  Ujunggenteng.

BACA JUGA: 9 Ribu Terumbu Karang Ditanam di Ujunggenteng Sukabumi

"Tak kurang dari 2.000 subtratsi yang sudah ditanam. Terumbu karang yang ditransplantasi adalah jenis Akrofora," jelas Nana.

"Subtratsi merupakan media tanam terumbu karang yang terbuat dari semen dan pasir. Kemudian dicetak pakai besi ukuran 25 x 25 sentimeter, lalau pakai paralon yang diisi coran semen fungsinya sebagai pengikat terumbu karang," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI