Sukabumi Update

Warga Kalapanunggal Sukabumi Serahkan Tiga Jenis Satwa Langka kepada BKSDA

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanunggal, menyerahkan tiga jenis satwa dilindungi secara sukarela kepada resort BKSDA Jawa Barat, Jumat (14/9/2018).

Satwa tersebut terdiri dari dua ekor burung kakatua galerita triton jambul kuning, empat ekor kura-kura jenis emis kaki gajah dan seekor buaya muara jenis porosus.

Selanjutnya satwa tersebut dievakuasi petugas ke tempat rehabilitasi Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Kantor Bidang PTN II Sukabumi, Terima Tiga Satwa Langka Dari Masyarakat

Pemilik satwa lwan Nurzahwan mengatakan selama dipelihara satwa-satwa tersebut menjadi sarana edukasi kepada anak-anak dilingkungannya. Adapun satwa-satwa tersebut dipelihara di dalam kandang yang tertutup kawat.

"Ya kalau kita mengikuti aturan cuma yang saya sedih, (satwa) itu untuk edukasi anak-anak di lingkungan terputus. Syukur-syukur sih ada yang membiayai ke Taman Safari kalau ga ada paling nonton di TV," ujarnya.

Dari keterangan, satwa tersebut dipeliharanya sejak kecil yang dibeli melalui jual beli online.

BACA JUGA: Warga Cikupa Serahkan Trenggiling ke Polsek Tegalbuleud Sukabumi

Sementara itu, Kepala Balai Resort Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Sukabumi Sudrajat mengungkapkan, pemiliknya menghubungi pihak BKSDA karena mau menyerahkan satwa peliharaanya.

"Satwa dievakuasi ke PPSC untuk tahap rehabilitasi sebelum di lepas ke habitatnya," ujarnya.

Menurut Sudrajat, masyarakat saat ini sudah sadar terhadap kelestarian satwa langka, hal ini nampak dari meningkatnya masyarakat yang secara sukarela menyerahkan satwa langka peliharaanya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI