Sukabumi Update

Warga Berebut Hasil Bumi di Seren Taun Padepokan Girijaya Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan masyarakat dari berbagai daerah berebut hasil bumi dalam puncak acara serentaun yang digelar Padepokan Girijaya, di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Senin(17/9/2018). Iring-iringan dongdang berisi berbagai hasil pertanian menjadi rebutan masyarakat ketika memasuki halaman padepokan.

BACA JUGA: Wisatawan Banjiri Acara Seren Taun Kampung Adat Kasepuhan Cipta Mulya

"Dongdang yang dibawa oleh masyarakat berisikan hasil pertanian. Sebagai rasa syukur atas kelimpahan hasil bumi," ujar Ketua Panitia Seren Taun, Yana Rosadi yang akrab disapa Ape.

Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan untuk mengisi acara serentaun. Diantaranya pengajian, dan hiburan kesenian. Rangkaian kegiatan serentaun dimulai sejak Kamis 13 September.

BACA JUGA: Kampung Adat Kasepuhan Cipta Mulya Cisolok Sukabumi Gelar Seren Taun ke-640

Ape berharap tradisi turun temurun serentaun ini bisa lebih hikmat dan meriah.  Masyarakat berbaur dengan tamu yang hadir. Bukan hanya dari Sukabumi saja, adapula dari Banten, Bogor, Karawang, Bandung bahkan dari Jawa Tengah.

Sementara itu, seorang pengunjung, Sukarsih mengaku sangat senang bisa ikut berebut hasil bumi. Ia selalu mengikuti kegiatan serentaun ini.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI