Sukabumi Update

TMMD ke-103 di Kadudampit Sukabumi, Dua Hal Ini Jadi Sasaran Utama

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, menjadi lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103.

Di dua kampung di desa ini dibangun jalan 1.200 meter, rabat beton 500 meter. Kemudian sarana umum berupa pembangunan delapan unit RTLH, sebuah posyandu, pembangunan dua unit MCK dan Tembok Penahan Tebing (TPT) sepanjang 120 meter.

Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan secara resmi membuka TMMD ke-103 tahun 2018.

Harto mengungkapkan, tujuan TMMD adalah mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, serta bersama-sama membangun wilayah untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan makmur.

BACA JUGA: Pangdam III/Siliwangi Tutup TMMD Kabupaten Sukabumi

Terdapat dua sasaran utama dari program TMMD ini, yakni sasaran fisik dan non-fisik. Sasaran fisik meliputi pembangunan dan pembukaan objek-objek yang bersifat strategis. Seperti membuka akses infrastruktur jalan untuk menghubungkan dua desa yang terisolir, menjadi memungkinkan untuk menjalankan perekonomian maupun untuk pembangunan.

"Kemudian pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), MCK, maupun permasalahan-permasalahan yang ada di wilayah. Yang kita jadikan objek TMMD itu adalah tempat-tempat yang strategis. Salah satunya seperti ini, kampung terisolir. Jadi tidak ada lagi kampung terisolir. Dengan TMMD ini peradaban masyarakat akan meningkat," ujar Harto.

BACA JUGA: TMMD ke-99 di Buniasih Kabupaten Sukabumi, Tentara Aspal Jalan Sepanjang 2.800 Meter

Selain pembangunan fisik, masih kata Harto, juga dilaksanakan pembangunan non-fisik. Menurutnya, dalam pembangunan non-fisik, yang utama adalah membangun gotong royong di masyarakat, serta kemanunggalan TNI dan rakyat yang menjadi kekuatan dalam membangun wilayah.

"TMMD sekaligus mensinergiskan program-program pemerintah terkait dengan penyuluhan yang perlu disosialisasikan dan diinformasikan kepada masyarakat. Sehingga tujuan dan keinginan pemerintah dalam rangka membangun dan memajukan wilayahnya menjadi tersampaikan," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI