Sukabumi Update

Longsor, Tebing Perumahan Tapos Asri Cidahu Tutup Irigasi Tiga Kecamatan di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Tembok penahan tebing di Perumahan Tapos Asri, di Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi ambrol usai diguyur hujan, Selasa 16 Oktober malam. Longsoran tebing menutup saluran irigasi.

Sejumlah petugas wilayah di Kecamatan Cidahu meninjau lokasi longsoran pada Rabu 17 Oktober. Tembok penahan tebing setinggi 10 meter itu mengalami kerusakan cukup parah.

BACA JUGA: Diguyur Hujan, Tebing Jurang Pelangi di Sukabumi Amblas

"Longsornya semalam, material menutup saluran irigasi," ujar Irwan Atmadisastra, Ketua Kelompok Tani KTNA Mina Bhakti Kecamatan Cidahu kepada sukabumiupdate.com.

Irwan menjelaskan, irigasi yang tertutup material longsoran menggalirkan air Kali Cibinong ke area persawahan Blok Tapos Cibojong, Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu, Blok Tapos Desa Kompa Kecamatan Parungkuda, dan Blok Tapos Desa Cipanengah Kecamatan Bojonggeteng.

"Ada sekitar 20 kubik material longsoran berupa batu dan tanah menutupi saluran irigasi Kali Cibinong, hingga tidak bisa mengairi area persawahan," katanya.

BACA JUGA: Diguyur Hujan, Longsor Melanda Nyalindung Sukabumi

Camat Cidahu, Ading Ismail, membenarkan adanya longsor tersebut. Ia pun sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyelidiki ada tidaknya kelalaian pengembang dalam kasus ini.

Sementara itu masyarakat bersama petugas gabungan bergotongroyong membersihkan saluran irigasi dari material longsoran. Petugas yang terlibat berasal dari Pemerintah Desa Pondokkaso Tengah, Kantor Kecamatan Cidahu, serta anggota Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI