Sukabumi Update

Kesaksian Korban Longsor di Cisolok Sukabumi, Bumi Bergetar dan Suara Auman Malam Hari

SUKABUMIUPDATE.com - Satu rumah mengalami rusak berat akibat terdampak longsor di Kampung Cipanas, Desa Sukarame, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Rumah tersebut dihuni pasangan suami istri Bah Amol (78 tahun) dan Enti Mariah (60 tahun).

Bekas lumpur masih terlihat menempel di dinding rumah juga atap. Hal yang sama juga didapati di dalam ruangan rumah.

"Pas kejadian saya lagi masak di dapur. Kalau bapak masih tidur. Emang bapak biasa tidur lagi kalau udah Salat Subuh," kata Mariah ditemui sukabumiupdate.com di rumah kerabatnya, Jumat (23/11/2018).

Bah Amol dan Enti Mariah. |Sumber Foto: Nandi.

Mariah mengaku tak menyangka rumahnya terdampak longsor. Tak ada firasat apapun, apalagi Ia dan suaminya sudah tinggal cukup lama di kamping tersebut.

Namun, Mariah mengalami peristiwa tak biasa saat malam hari sebelum longsor terjadi. Tepatnya sekitar pukul 23.00 WIB, Rabu 21 November, mariah mendengar suara auman di luar rumah.

"Aya nu ngagerem dua kali (Ada yang mengaum dua kali, red). Saya enggak tahu itu suara apa," tutur Mariah seraya tak mau menduga-duga dari mana sumber suara auman itu berasal.

Untuk diketahui, hanya terdapat lima rumah di perkampungan tempat Mariah dan Amol tinggal. Empat rumah tetangganya yang lain, mengalami rusak ringan.

Pemukiman lima rumah tersebut berbatasan dengan area pesawahan. Ada juga kawasan dengan rimbun pepohonan, dan tebing yang cukup tinggi.

Entih masih ingat detik-detik saat rumahnya terdampak longsor. Tiba-tiba terdengar suara ambruk dan suara genting dari asbes seperti dilempar pasir. Kemudian disusul dengan getaran yang sebelumnya dikira gempa bumi.

BACA JUGA: Longsor Susulan Terjadi, Warga Cisolok Sukabumi Mengungsi

"Begitu suara brak di atas genting, saya langsung berteriak ngasih tahu bapak. Saya langsung lari ke luar rumah," pungkasnya.

Sementara itu, Bah Amol mengaku kaget saat terbangun dari tidur. Ia melihat seisi ruangan kamar tidur termasuki lumpur.

Meski rumahnya rusak berat, Bah Amol bersyukur musibah itu tidak merenggut korban jiwa. "Namun kaki sebelah kiri saya memar akibat terbentur batu saat kejadian longsor yang kedua tadi siang. Sekarang sudah sembuh, tadi diurut," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI