Sukabumi Update

Tuntut Penggantian Lapang Bola, Warga Dua Desa Blokir Akses Masuk PT SCG di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga dari Desa Sirnaresmi dan Kebonmanggu menggelar aksi di depan akses masuk PT Siam Cement Group (SCG) atau Semen Jawa di Jalan Pelabuhan II, Kampung Talagasari RT 04/RW 06, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Mereka menuntut pihak SCG mengadakan lapangan sepak bola untuk warga.

Warga memblokir akses masuk gerbang utama di pabrik semen asal Thailand ini. Mereka kemudian memasanag dua buah gawang, dan menggelar pertandingan sepak bola.

"Kami hanya minta penggantian lapang sepak bola," ujar Yadi Delpe, korlap aksi tersebut kepada sukabumiupdate.com, Selasa (4/12/2018).

Yadi menjelaskan, penggantian diminta karena lapang sepak bola yang sebelumnya biasa digunakan oleh warga, kini dipakai kegiatan usaha PT SCG. Sebelumnya PT SCG sudah melakukan penggantian lahan lapangan, namun lokasinya tidak disepakati warga.

"Memang sudah diberi oleh perusahaan tetapi lapang yang diberikan jauh dari akses jalan. Kita mau yang lokasinya dekat dengan jalan. Itu saja tuntutannya," ungkap Yadi.

BACA JUGA: Buruh Demo PT SCG Sukabumi, Minta WNA yang Bekerja Tak Sesuai Aturan Dideportasi

"Sampai pihak perusahaan mau memenuhi keinginan kami, kami akan blokir akses gerbang ini dengan bermain sepak bola di sini," sambungnya.

Pantauan sukabumiupdate.com, sejumlah aparat kepolisian dikerahkan untuk mengamankan aksi. Setelah berlangsung cukup lama, akhirnya kedua pihak bersedia untuk mediasi di Kantor PT SCG.

"Sekitar lima orang sudah dipanggil, termasuk saya dan akan mengikuti mediasi di kantor sana. Kami tidak meminta fasilitas apapun selain lapangan sepak bola, semoga perusahaan memenuhi tuntutan kami," tutupnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI