Sukabumi Update

Ketinggian Gelombang 1,5 Meter, Hasil Tangkapan Nelayan Ciemas Sukabumi Berkurang

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca buruk yang melanda wilayah perairan Selatan Kabupaten Sukabumi membuat nelayan Cikadal, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas enggan melaut. Pantauan sukabumiupdate.com, perahu nelayan pun nampak memadati Muara Ciletuh, Rabu (19/12/2018).

Nelayan Cikadal, Agus (45 tahun) menuturkan, sudah seminggu ini cuaca buruk sehingga nelayan enggan mengambil resiko. Namun, masih ada saja nelayan yang nekat melaut.

"Dari jumlah 50 perahu nelayan Cikadal, diperkirakan masih ada yang memaksakan turun sekitar 15 unit, "kata Agus, nelayan asal Kampung Neglasari RT 02/02 Desa Mandrajaya ini.

Menurut Agus, disaat cuaca buruk ini gelombang mencapai ketinggian 1,5 meter sedangkan angin bertiup normal. Nelayan Ciemas bernai melaut tergantung dari hasil ramalan cuaca dari sumber terpercaya, dan hingga saat belum ada himbauan dari dinas terkait.

Nelayan lainnya, Endang Sutisna (47 tahun) mengungkapkan, kalau tidak melaut nelayan mengisi waktu dengan memperbaiki perahu atau alat tangkap sebagian lagi yang bertani.

BACA JUGA: Cuaca Tak Bersahabat, Nelayan Palabuhanratu Sementara Cari Pekerjaan Lain

Endang menuturkan, setiap kali melaut dalam satu perahu terdapat dua orang atau tiga orang. Terdiri dari satu juru mudi dan lainnya anak buah. Adapun jenis perahu yang digunakan nelayan Cikadal berjenis perahu piber dengan mesin tempel 15 PK. Dengan cuaca buruk saat ini, ikan yang dijual ke pasar berkurang.

"Untuk hasil tangkapan sekarang ini jelas menurun drastis, karena perahu yang turun melaut bisa dihitung," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI