Sukabumi Update

Ada Kampung Santri, Pengelola Wisata Mapay Sawah Cireunghas Beberkan Alasan Penutupan

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar ditutupnya Argo Wisata Minapadi Sawah Lega, di Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi sejak hari Jumat (21/12/18) menjadi pertanyaan masyarakat. Setelah sempat bungkam, pengelola wisata “mapay sawah jaman now” ini akhirnya buka suara, sebut lima alasan penutupan.

Pengelola kembali memilih menggunakan media sosial untuk mengumumkan lima alasan penutupan. Suherman (32 tahun) salah seorang pengelola Argo Wisata Minapadi Sawah Lega saat dihubungi sukabumiupdate.com, Sabtu (22/12/2018) menegaskan alasan utamanya adalah konsep yang harus dirubah.

“Kami memaklumi dengan banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai daerah, berbagai latar belakang dan berbagai kebiasaan. Tapi kami juga harus menghormati budaya masyarakat lokal. Perlu diketahui di sekitar kawasan Argo Wisata Minapadi itu merupakan kampung santri. Bahkan sudah dideklarasikan sebagai kawasan berbusana muslim,” jelas Suherman.

Walaupun tidak menegaskan penutupan terkait protes warga sekitar. Menurut Ruherman kedepan konsep wisata ini akan disesuaikan dengan budaya dan perilaku warga setempat. 

“Kedepannya kami akan ada aturan khusus tentang berbusana di sini, bahkan ini sudah kami rencanakan dari awal. Namun dengan membludaknya pengunjung jadi kami belum sempat menerapkan peraturan itu,” ujar Suherman.

Penerepan konsep wisata muslim ini, sekaligus akan merubah kontroksi aset dan bangunan. Pengelola merasa khawatir dengan kontruksi saat ini, melihat dari membludaknya pengunjung.

“Untuk keselamatan para pengunjung kami putuskan untuk ditutup,” terangnya.

Wisata akan kembali ke konsep awal seperti lesehan tempat makan dan ngopi dengan pemandangan sawah dan tempat memancing ikan. “Untuk merealisasikan hal tersebut, kita masih memerlukan waktu,” ucapnya.

BACA JUGA: Butuh Koordinasi Jadi Alasan Penutupan Wisata Mapay Sawah di Cireunghas Sukabumi

Selain itu juga diperlukan pengaturan akses parkir ke tempat wisata supaya pengunjung yang datang lebih nyaman. Kesimpulannya, Argo Wisata Minapadi untuk sementara ditutup dengan waktu yang belum ditentukan.

“Kami menutup lembaran masa lalu tentang Argo Wisata Minapadi Sawah Lega. Nanti akan kami buka kembali, dengan pemandangan yang sama namun dengan konsep dan nama yang berbeda,” tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI