Sukabumi Update

Tsunami di Selat Sunda, Bupati Sukabumi: Pelajaran Supaya Kita Siaga

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyampaikan bela sungkawa atas bencana alam yang terjadi di Selat Sunda. Hal tersebut disampaikan saat Marwan menggelar jumpa pers Senin (24/12/2018) siang di Pendopo Sukabumi. Marwan mengaku sudah mengirimkan beberapa personel untuk membantu proses penanganan pasca bencana.

BACA JUGA: Korban Selamat Tsunami, Begini Kondisi Terkini 12 Rombongan Atlet Surfing Asal Sukabumi

Bencana tersebut menjadi momentum untuk Pemkab Sukabumi lebih mencermati gejala-gejala alam yang terjadi agar terhindar dari bencana serupa. Menurut Marwan, hal itu menjadi pembelajaran untuknya dan jajarannya untuk tetap siaga. Bahkan ia mengimbau kepada seluruh jajaran instansi, terutama camat supaya lebih baik dalam memaksimalkan alat komunikasi.

"Kejadian ini menjadi satu evaluasi yang harus dicermati. Ini menjadi pelajaran berharga supaya kita siaga. Tidak hanya untuk OPD yang terkait langsung, tetapi juga bagi semua perangkat daerah, terutama camat, untuk selalu aktif dalam penggunaan alat komunikasi yang dimiliki. Sehingga kalau ada hal-hal seperti ini bisa segera ditanggulangi," tegas orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi tersebut.

Disamping itu, ia juga masih menelusuri informasi terkait keberadaan warga Kabupaten Sukabumi yang diduga menjadi korban. Namun, ia masih memastikan kebenaran informasi tersebut. Oleh karenanya Pemkab Sukabumi mengirimkan personel PMI ke lokasi untuk mengecek langsung ke lapangan.

"Contohnya seperti yang kemarin rombongan family gathering PLN, yang surfing dan sebagainya, itu sedang kita monitor. Kita sedang koordinasi, untuk memastikan keberadaannya. Apakah selamat, hilang, meninggal, atau bagaimana, sedang kita evaluasi oleh tim awal yang sudah ada di sana," ungkapnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI