Sukabumi Update

Penjelasan Bupati Sukabumi Soal Sulitnya Relokasi Warga Kampung Garehong Cisolok

SUKABUMIUPDATE.com- Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi kesulitan melarang warga agar tidak menempati kembali kampung Garehong, karena termasuk daerah rawan bencana. Kampung Garehong yang berada di Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi ini diterjang longsor pada Senin (31/12/2018) lalu.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, relokasi warga Kampung Garehong sulit karena faktor adat istiadat. Karena menurut Marwan, warga kampung ini sudah 600 tahun menempati secara turun temurun dikampung tersebut.

BACA JUGA: Ngeri! Begini Potret Longsor Cisolok Sukabumi dari Ketinggian

"Jadi kalau melihat sejarah mereka, seren tahun itu bercerita tentang sejarah disini. Susah kalau harus memindahkan mereka. Harus perubahan mindset mereka. Kemudian kalau dimungkinkan ada lahan dilakukan bedol adat bukan bedol desa lagi," jelas Marwan.

 

 "Tapi kan bedol adat ini ada SOP-nya misalnya harus lewat wangsit kaya gitu. Itu yang paling susah jadi kalau dipindah ini harus satu kampung," imbuh Marwan.

BACA JUGA:15 Orang Ditemukan Tewas, Pencarian Korban Longsor Cisolok Dihentikan Sementara

Menurut Marwan, hampir setiap seren tahun digelar di Desa Sirnaresmi, Pemerintah daerah selalu menyampaikan pemahaman untuk warga tentang daerah rawan bencana dan pencegahannya, seperti tanah dikemiringan 40 derajat tanamnya pohon aren.

Pemkab, kata Marwan masih berupaya mencari solusi untuk relokasi. Sedangkan untuk saat ini hal yang penting adalah melakukan evakuasi korban.

"Fokus hari ini sementara bagaimana mencari korban saja dulu, karena kalau berpikir tentang relokasi semua wilayah ini sudah dilarang karena sesuai dengan demografinya," tegas Marwan.

 

 

Editor : Mulvi

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI