Sukabumi Update

Kunjungi Lokasi Longsor Cisolok Sukabumi, Emil Salut dengan Pola Kekerabatan Kampung Adat

SUKABUMIUPDATE.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), Rabu pagi (2/1/2019) datang ke lokasi bencana longsor di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Emil mengecek seluruh lokasi, mulai dari titik bencana, hingga posko SAR dan tempat pengungsian di SDN Cimapag, serta berkordinasi dengan tim gabungan SAR bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Saya ingin memastikan kepada keluarga korban bahwa pemerintah seluruh tingkatan, tim dan relawan yang hadir disini akan berupaya maksimal menemukan seluruh sanak keluarga mereka yang masih hilang,” jelas Emil kepada wartawan.

BACA JUGA: Titik-titik Rumah yang Tertimbun Longsor di Cisolok Sukabumi Sudah Ditandai

Selain penemuan korban, pemerintah menurut Emil juga ingin memastikan korban selamat dan warga terdampak seluruh kebutuhannya bisa terpenuhi, khususnya makan dan minuman. Tempat pengungsianpun sudah disiapkan oleh tim gabungan namun, sistem kekerabatan yang sangat kental pada masyarakat adat membuat korban tidak perlu mengisi tenda pengungsian.

“Luar biasa, seluruh korban selamat saat ini tinggal dirumah keluarga lainnya di kawasan adat ini. Sistem kekerabatan di sini di kampung adat sangat baik, rasa kemanusiannya sangat tinggi jadi korban selamat tidak ada yang tinggal dipengungsian, seluruh kebutuhan mereka juga langsung dicover oleh warga adat secara gotong royong,” pungkas Emil.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI