Sukabumi Update

Emil akan Pindahkan Kampung Cimapag Cisolok yang Hancur Tergerus Longsor

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana akan terjun langsung membangun dan memindahkan Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi yang terkena bencana longsor. Emil sapaan Ridwan Kamil juga akan memfasilitasi pendidikan untuk anak yatim-piatu korban bencana longsor.

"Untuk satu minggu kedepan akan difokuskan dulu pencarian dan evakuasi," ujarnya kepada awak media saat mengunjungi lokasi bencana tanah longsor Cisolok di dampingi Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Rabu (2/1/2019).

Selain akan melakukan upaya relokasi, kata Emil Pemprov Jabar berjanji akan menyiapkan program penanaman pohon. "Yang penting seluruhnya terselamatkan, masyarakat di sini sangat menjujung tinggi adat," imbuhnya.

Menurut Emil,  Jawa Barat termasuk daerah yang memiliki kerawanan longsor yang tinggi. Secara geografis, kata dia Jabar Utara dan Selatan yang rawan terjadinya longsor, karena kontur daerahnya miring dan curam.

"Sebenarnya rumah-rumah disini sudah sesuai dengan kearifan lokal Jawa Barat, namun mungkin karena kurangnya pohon untuk serapan air sehingga rawan longsor," paparnya.

BACA JUGA: Tim SAR Temukan Potongan Tubuh di Lokasi Longsor Cisolok Sukabumi

Emil menyampaikan turut bela sungkawa dan berduka cita atas kejadian bencana longsor Cisolok. "Innalillahi wa'inailahi Roji'un. Saya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, mengucapkan bela sungkawa atas musibah ini.

Masyarakat yang terkena musibah dan selamat dapat ikhlas menjalani musibah, dan mendoakan anggota keluarganya yang meninggal. agar meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah. Yang belum ketemu kita cari bersama, para petugas dari TNI, Polri, Relawan juga jangan lupa berdoa, dan ibadah," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI