Sukabumi Update

Puluhan Calon Penumpang KA Sukabumi-Bogor Batalkan Tiket

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor yang terjadi di sekitar jalur kereta api jurusan Sukabumi-Bogor pada hari Rabu (2/1/2019) kemarin berdampak pada keberangkatan dan kedatangan penumpang baik dari arah Sukabumi-Bogor maupun sebaliknya.

Kepala Stasiun Kereta Api (KA) Sukabumi, Heru Salam menjelaskan, tak ada penurunan jumlah pemesanan kursi penumpang sejak terjadinya longsor. Hal tersebut dikarenakan sejumlah tiket jurusan Sukabumi-Bogor ataupun sebaliknya memang sudah dipesan jauh-jauh hari oleh penumpang dan tiketnya habis hingga hari Rabu (2/1/2019) kemarin.

“Yang pesan hanya untuk sampai Stasiun Cigombong tetap ada, yang membatalkan juga ada. Sudah ada dua kursi penumpang eksekutif dan 64 kursi penumpang ekonomi membatalkan perjalanannya, dan mengembalikan tiket ke stasiun dengan uang kembali 100 persen itu,” jelas Heru kepada sukabumiupdate.com, Kamis (3/1/2019).

BACA JUGA: Hampir Habis, Ini Tiket KA Pangrango Hingga Tahun Baru

Lanjut Heru, apabila penumpang tetap ingin menggunakan KA Pangrango, penumpang bisa membeli tiket kembali dengan relasi hanya Sukabumi-Cigombong atau sebaliknya saja. Adapun batas waktu pengembalian tiket dan uangnya dibatasi sampai tiga hari sejak pemesanan. Ia menambahkan, untuk penumpang yang mempunyai tiket KA Pangrango dengan relasi Sukabumi-Bogor atau sebaliknya tiket bisa dibatalkan di Stasiun terdekat dan dikembalikan 100 persen.

“Pengembalian 100 persen itu jika memesan dari stasiun kita. Kalau memesan dari online ataupun mini market, kan ada biaya tambahan. Nah, itu kita tidak termasuk ke dalam pengembalian 100 persen. Uang pengembalian tiket itu bisa diambil di stasiun kita. Kalau mau diambil di Bogor juga bisa, tapi harus diambil di stasiun Paledang,” terangnya.

Terkait lamanya perbaikan rute tersebut, pihak Stasiun KA Sukabumi belum mendapatkan informasi lagi dari PT KAI Daop 1 Jakarta yang berwenang dalam menyelesaikan permasalahan ini.

BACA JUGA: Selama Libur Natal, Lonjakan Penumpang KA Sukabumi-Cianjur Hingga 200 Persen

“Kabar terakhir, tim sudah diterjunkan, tapi kapan waktu perbaikannya selesai kita juga belum tahu. Untuk sementara ini kita terapkan sistem seperti yang sudah diperintahkan pusat, yakni mengembalikan tiket yang sudah dipesan dengan uang kembali 100 persen,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang calon penumpang KA Jurusan Sukabumi-Bogor, Lia (30 tahun) tidak mengetahui tentang informasi adanya longsor yang terjadi di sekitaran jalur Sukabumi-Bogor. Lia juga tidak terlalu menghiraukan permasalahan tersebut. Kendati demikian, ia juga merasa senang karena tiket yang sudah ia pesan dapat dikembalikan uangnya.

“Saya paling naik angkutan umum lainnya. Untung uangnya bisa kembali 100 persen sih enggak apa-apa,” singkatnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI