Sukabumi Update

Rumah Rusak Parah, Warga Surade Sukabumi Mengungsi ke Masjid Saat Hujan

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah permanen berukuran 8x10 meter milik kakak beradik Dili (65 tahun) dan Rudi (47 tahun) warga Kampung Babakanpanjang RT 16 RW 09 Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kondisinya memperhatikan. Kerusakan terlalu parah, Dili yang merupakan seorang duda ini kerap ditinggal sang adik mengungsi ke masjd.

"Kami tidak bisa berbuat apa-apa, hanya pasrah saja. Ini pun rumah peninggalan orangtua," ujar Dili ditemui sukabumiupdate.com, Kamis (3/1/2019).

Dili dan adiknya tidak punya cukup uang untuk memperbaiki rumah. Penghasilannya dari kuli serabutan pun terkadang kurang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

"Kuli serabutan pun kalau ada yang nyuruh. Terkadang untuk makan pun kami dikasih tetangga," tutur Dili.

Seorang tetangga, Ruswandi (39 tahun) mengatakan rumah permanen yang dihuni Dili dan Rudi sudah cukup tua. Rumah sudah rusak kurang lebih sembilan tahun.

BACA JUGA: Giliran Cicurug Sukabumi Diamuk Puting Beliung, Belasan Rumah Rusak

"Apalagi bagian atapnya. Kayu dan bambunya sudah rapuh bahkan sebagian gentingnya pun sudah ambruk. Plafon bilinya juga sudah ambrol," kata pria yang akrab disapa Rus tersebut.

"Kalau hujan turun pada bocor, bahkan adiknya sudah lama lama sering ikut tidur ke Masjid atau rumah tetangga. Jadi Pak Dili sering ditinggal sendiri," pungkas Rus.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI