Sukabumi Update

Perlu Kajian, Pemdes Sirnaresmi Sukabumi Bakal Usulkan Dua Opsi Relokasi Korban Longsor

SUKABUMIUPDATE.com - Permintaan relokasi hunian mencuat di tengah proses evakuasi korban longsor di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Pemerintah Desa Sirnaresmi akan mengusulkan dua opsi untuk tempat relokasi.

"Lokasinya masih di sekitar sini, luasnya kita belum tahu ya," kata IWan Suwandri, Kepala Desa Sirnaresmi ditemui sukabumiupdate.com, Kamis (3/1/2019).

Iwan belum bisa menjelaskan titik lokasi yang akan diusulkan. Yang jelas, dua tempat tersebut masih berada di sekitar Kadusunan Cimapag.

Namun, status tanah di dua lokasi ini adalah hak milik. Pemerintah perlu melakukan pengadaan lahan jika akan menggunakannya sebagai tempat relokasi.

"Jadi harus dibeli dulu. Ada sih tempat (milik,red) des tapi sepertinya rawan longsor," tutur Iwan.

BACA JUGA: Pencarian Hari Keempat, Lima Korban Tewas Longsor Cisolok Ditemukan

Lebih lanjut Iwan tidak memungkiri bahwa warga yang terdampak longsor berharap Pemerintah segera merealisasikan relokasi. Termasuk pembangunan huniannya.

"Intinya masyarakat ingin cepat ditanggapi terkait relokasi dan pembangunan rumah itu sendiri. Seperti yang dijanjikan pemerintah pusat maupun provinsi," pungkasnya.

Iwan menjelaskan, persoalan relokasi akan menjadi bahasan lanjutan. Saat ini penanganan tanggap darurat bencana terkonsentrasi pada evakuasi korban yang masih tertimbun.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI