Sukabumi Update

Mushola Al Kautsar Jampangkulon Sukabumi Terancam Roboh, Umat Was-was

SUKABUMIUPDATE.com - Mushola Al Kautsar di Kampung Pangimpunan RT 05/06 Desa Bojongsari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi rusak parah. Padahal, surau berukuran 6x6 meter persegi itu masih sering digunakan sebagai tempat ibadah warga setempat. Sedikitnya ada 12 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 26 jiwa yang sering datang ke mushola tersebut.

"Mushola tersebut berdiri sekitar tahun 1980. Kini kondisinya rusak parah. Jarak dari Masjid Jami sekitar 1,5 kilometer," kata Ujang Sukarma (32 tahun), warga setempat yang sering datang ke mushola tersebut.

Ujang menuturkan, dinding bagian kiri tembok jebol dan untuk sementara ditutup menggunakan kain terpal. Begitupun atap bagian depan yang bisa saja roboh sewaktu-waktu. Kondisi itu tak jarang dikeluhkan warga yang was-was saat akan menjalankan ibadah di mushola itu.

"Bahkan suka dipakai tempat mengaji anak anak. Begitupun saat bulan Ramadhan, dipakai salat tarawih. Sampai tidak muat," pungkas Ujang.

BACA JUGA: Ruang Kelas Roboh di SDN Cimanggah 2 Kota Sukabumi Diperbaiki Tahun Depan

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Reni Kusmiati (32 tahun) mengatakan, beberapa material bahan bangunan seperti kayu dan pasir sebetulnya sudah terkumpul. Beberapa material tambahan lainnya, lanjut Reni, masih diupayakan.

"Bahan-bahan yang lainnya masih diupayakan. Kami sedang menggalang dana bersama rekan dari Kecamatan Jampangtengah, yaitu Asep Sudeni yang kemarin berkunjung ke kampung ini," singkat Reni.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI