Sukabumi Update

Guncangan Terasa Hingga Sukabumi, Titik Pusat Gempa Magnitudo 4,8 Berada di Laut

SUKABUMIUPDATE.com - Getaran gempa cukup terasa di Kota Sukabumi, Senin (7/1/2019). Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto, memastikan pusat gempa berada di sekitar wilayah Tasikmalaya.

Dalam keterangan yang diterima sukabumiupdate.com, Joko Siswanto menjelaskan hasil analisis BMKG yang menunjukan bahwa gempa terjadi pada pukul 222:04:09 WIB. Koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak  62 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya. Pusat gempa berada di kedalaman 21 kilometer.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis dengan skala II-III MMI. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Sukabumi

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat  dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI