Sukabumi Update

Kerugian Angin Puting Beliung di Parakansalak Sukabumi Capai Puluhan Juta

SUKABUMIUPDATE.com - Tujuh rumah di Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi terdampak cuaca ekstrem pada Jumat (11/1/2019) lalu.  Selang satu hari, lokasi tersebut dievakuasi oleh relawan BPBD Kecamatan Parakansalak sembari memberikan bantuan berupa makanan siap saji, pakaian dan barang lainnya kepada sembilan kepala keluarga dengan jumlah 46 jiwa.

"Hari ini kami bersama warga mengevakuasi pohon yang menimpa rumah dengan mesin pemotong kayu," ujar Relawan BPBD Kecamatan Parakansalak Jujun Juaeni kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (12/1/2019).

Berdasarkan hasil rekap dari tujuh rumah tersebut, kata Jujun mengalami kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah. Satu diantaranya rusak berat.

"Total kerugian sekitar Rp85 juta, satu rumah katagori rusak berat milik Jajuli warga Kampung Cikadu hingga kerugian mencapai Rp25 juta," jelasnya.

Setelah pendataan akan dibuatkan berita acara untuk segera dilaporkan ke Camat Parakansalak, dilanjutkan ke BPBD, dan Bupati.

BACA JUGA: Puluhan Rumah Kena Puting Beliung di Nagrak Sukabumi Berangsur Dipulihkan

"Sebagai bahan pengajuan bantuan, tentunya sesuai dengan kerusakan yang di butuhkan, seperti genteng, balok kayu, paku dan lain sebagainya," paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukatani Herman mengucapkan terimakasih kepada BPBD dan relawan yang sudah membantu dalam menanggulangi cuaca ektrem hingga menyebabkan rumah warga rusak.

"Terima kasih sudah membantu dan melaksanakan evakuasi pohon serta memberi bantuannya kepada warga Desa Sukatani," singkatnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI