Sukabumi Update

Talud Sungai Cibandung Jebol, SMK Siliwangi Kota Sukabumi Diterjang Banjir

SUKABUMIUPDATE.com – Sungai Cibandung meluap hingga menerjang pemukiman warga dan sebuah sekolah di Gang Titiran RT 02/01, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Minggu (13/1/2019). Sebuah talud sungai Cibandung yang masih dalam proses pengerjaan jebol, akibatnya lima kelas SMK Siliwangi terendam. Bangku dan meja di dalam kelas juga rusak. Peristiwa air sungai menerjang sekolah ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB ketika hujan deras mengguyur.

BACA JUGA: Banjir Kepung Kota Sukabumi

Kepala Sekolah SMK Siliwangi Gun gun Safriza, mengungkapkan, air mengalir dari Sungai Cibandung ke sekolah akibat ulah pelaksana pengembang perumahan yang membelokan aliran sungai. Padahal dari pihak sekolah sudah berulang kali mengingatkan pihak pengembang tentang pelaksanaan pekerjaan tersebut. 

"Sudah pernah bilang dari awal, pihak pengembang harus bertanggung jawab. Aliran sungai harus dikembalikan ke alurnya yang dulu, ini sudah beberapa kali jebol mereka (pengembang) tidak mau mendengar keluhan kami," kata Gun gun.

Sementara itu, staf sekolah Reni Kusmiawati menuturkan, pada saat kejadian orang-orang proyek yang melaksanakan pembangunan talud pada lari menyelamatkan diri dan kini orang proyek tersebut langsung tak nampak karena khawatir diprotes dampak dari pekerjaan tersebut.

"Saya tahu karakter Sungai Cibandung ini seperti apa. Sayangnya orang pengembang ini tidak mendengarkan kami. Kalau kita sudah menghimbau, jadi dengan kejadian ini mereka para pengembang-pengembang tahu. Dan orang-orang proyek tak tahu pada kemana karena takut kena marah," tandasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI