Sukabumi Update

Remaja di Warudoyong Kota Sukabumi Terluka, Rumah Ambruk Tertimpa Pohon Tumbang

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai dengan angin kencang di wilayah Sukabumi, mengakibatkan atap rumah milik Ai Rosmiati (35 tahun), warga kampung Sukasari, RT 02/08, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi hancur tertimpa pohon tumbang dan satu orang mengalami luka akibat serpihan pohon tersebut.

Ai menuturkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, saat kejadian dirinya sedang berada di luar rumah untuk meninjau suasana luar rumah dan membenarkan posisi jemuran pakaian miliknya.

"Tiba-tiba terdengar suara gemuruh, awalnya saya pikir arus sungai meluap tapi tiba-tiba, bruuk! pohon jatuh jebolin atap rumah," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (22/1/2019).

Ketika pohon yang berada di samping rumahnya tersebut menimpa rumah beratap asbes dan plafon, keponakannya Fajar (12 tahun), sedang berada di kamar tengah dengan Andika (8 tahun) putra Ai.

"Batang pohon menjebol atap rumah, lalu serpihan kayu menimpa Fajar yang saat itu spontan melindungi Andika. Sehingga keponakan saya memar pundaknya, posisinya melindungi anak saya," paparnya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Sukabumi, Zulkarnaen Barhamin menjelaskan, laporan masuk dari warga sekira pukul 16.00 WIB, bahwa telah terjadi pohon tumbang di wilayah Sukasari, Kecaman Warudoyong.

"Kami langsung bergegas berangkat ke lokasi, setibanya di lokasi, kita lakukan observasi, melakukan evakuasi dan upaya pembersihan potongan kayu dari pohon yang menimpa rumah ibu Ai," ucapnya.

Ia menerangkan, adapun jenis pohon yang menimpa rumah milik Ai adalah pohon poka, dengan tinggi kurang lebih 10 meter dan diameter kurang lebih 70 centimeter.

BACA JUGA: Hujan Deras, Dua Pohon Tumbang Di Halaman Polsek Warudoyong Kota Sukabumi

"Jadi rencananya pohon itu memang akan ditebang ke esokan harinya, namun ternyata sudah keduluan sama hujan deras dan angin kencang tadi," tuturnya.

Sebagai penanganan sementara, pihaknya akan memasangkan terpal untuk menutup atap rumah yang hancur akibat pohon tumbang tersebut. Ia menambahkan, ada tiga pohon yang tumbang akibat hujan dan angin kencang yang terjadi pada hari ini.

"Ada tiga pohon yang tumbang, di Kecamatan Gunungpuyuh dan Kecamatan Warudoyong. Yang paling parah kejadiannya di lokasi ini karena menimpa rumah dan ada yang terluka," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI