Sukabumi Update

Situs Peninggalan Jepang di Cireunghas Sukabumi Dirusak? Ini Faktanya

SUKABUMIUPDATE.com - Tersebar postingan facebook tentang adanya pengrusakan terhadap situs bersejarah jembatan kereta Jepang yang berlokasi di sekitaran Sungai Cikupa, Kampung Bandang, Desa Tegal panjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Tentara Jepang Pernah Bangun Hiroshima 2 di Desa Tegalpanjang Cireunghas Kabupaten Sukabumi

Sukabumiupdate.com, melakukan pemantauan ke situs bersejarah tersebut pada Senin (4/2/2019). Akses menuju jembatan kereta buatan zaman Jepang itu berjarak kurang lebih dua kilometer dari situs bersejarah Kota Militer Jepang Hiroshima 2 yang berlokasi di tengah sawah Kampung Pojok Tengah, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

Akses menuju lokasi harus di lalui dengan memasuki jalanan menurun menuju aliran sungai Cikupa dan melewati jembatan gantung yang biasa dilewati oleh warga sehari-hari. Sesampainya di lokasi, situs bersejarah tersebut memang terlihat dibangun di tengah-tengah aliran sungai Cikupa yang menghubung antara daerah Kampung Pojok dengan Kampung Bandang.

Namun pantauan di lapangan, tidak ada pengrusakan yang spesifik terkait informasi adanya pengrusakan tersebut tentang bagian mana yang dirusak dan seperti apa kerusakannya. Kendati demikian terlihat memang ada beberapa material bambu bekas proses pembangunan yang terlihat belum selesai.

Situs bersejarah jembatan kereta Jepang yang berlokasi di sekitaran Sungai Cikupa, Desa Tegalpanjang, Kabupaten Sukabumi ini secara sepintas nampak tak berubah dan tak ada bekas pengrusakan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI