Sukabumi Update

Nelayan Ungkap Penyebab Hiu Paus Terdampar dan Mati di Pantai Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Hiu paus ditemukan terdampar di pantai dekat Dermaga II Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/2/2019) sekitar pukul 08.00 WIB. Usai ditemukan, hiu paus tersebut kemudian dievakuasi oleh petugas satpol Air Polres Sukabumi bersama para nelayan menggunakan perahu congkreng.

BACA JUGA: Hiu Paus Terdampar di Pantai Dekat Dermaga Palabuhanratu

Nelayan asal Palabuhanratu, Asep Yadi (43 tahun) mengatakan hiu paus tersebut sama sekali tidak berbahaya dan tak jarang ditengah laut jadi teman para nelayan saat mencari ikan.

"Di daerah lain malah sudah jadi teman nelayan, terutama di Papua. Dikasih makan dan dijadikan objek atraksi wisata. Hiu paus ini sering saya temui di teluk Palabuhanratu saat melaut. Perlu disosialisasikan agar dilindungi dan dijadikan sahabat, ya biar akrab dan nantinya bisa dijadikan teman berwisata, terutama wisata bahari juga," ujar Asep kepada sukabumiupdate.com, Selasa (12/2/2019).

Asep mengaku tak mengetahui persis mengapa hewan dilindungi itu tiba-tiba terdampar dan mati di pantai dekat Dermaga II Palabuhanratu. Namun, berkaca dari pengalaman, lanjutnya, kebanyakan akibat disorientasi atau sakit, atau bahkan bisa saja karena memakan sampah plastik di laut.

"Untuk hiu paus yang tadi terdampar dan ditemukan dalam keadaan mati, enggak tahun persis penyebabnya. Tapi dari yang saya lihat dibelakang insang ada luka jebol seperti kena gigitan gitu," jelasnya.

BACA JUGA: Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Ujunggenteng Sukabumi

"Hiu paus berada di teluk hanya mampir saja biasanya. Untuk habitatnya di Teluk Palabuhanratu kalau banyak sih enggak, tapi saya pernah sekali lihat beberapa di perairan depan PLTU II Palabuhanratu. Kalau tidak salah pernah beberapa kali hiu jenis ini terdampar. Dulu pernah di Pantai Cibangban dan Pantai Ujung Genteng," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI