Sukabumi Update

Sampah Kotori Sungai Cibarehong di Surade Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan tak mengenakan terlihat di Sungai Cibarehong, tepatnya di sekitar Jembatan Cikakak, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Jadi lokasi pembuangan, Sungai Cibarehong tercemar sampah. 

"Sudah lama sungai tersebut dijadikan tempat  pembuangan sampah. Baik sampah plastik ataupun sampah rumahtangga," kata Agus Yoga (37 tahun), warga Kampung Cibarehong Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Rabu (20/2/2019). 

Pria yang akrab disapa Igoy tersebut menambahkan, sebenarnya warga sudah berkoordinasi dengan aparat pemerintah di wilayah setempat. Agar ada upaya sosialasi kepada warga untuk tidak lagi membuang sampah di lokasi itu. 

BACA JUGA: Jorok! Bau Sampah Menyengat di Jembatan Ciherang Cibitung Sukabumi

"Juga perlu adanya penekanan dari pemerintah agar warga sadar jangan buang sampah ke sungai," kata Igoy yang juga aktif sebagai penggiat wisata. 

Hal senada juga diutarakan Maulana Yusuf, warga lainnya. Jika dibiarkan, Ia khawatir sampah tersebut banyak menimbulkan permasalahan. 

"Sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat dan peran aktif pemerintah, mungkin yang buang sampah dari mana- mana seenaknya dilempar ke sungai," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI