Sukabumi Update

Berumur Puluhan Tahun, Jembatan Bambu di Tegalbuleud Sukabumi Bikin Was-was Warga

SUKABUMIUPDATE.com - Dua jembatan di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, membuat warga yang menyeberanginya was-was. 

Jembatan berada di Kampung Pasirpanjang dan Pasirpacet. Kedua jembatan ini dalam kondisi memprihatinkan.

BACA JUGA: Jembatan di Jalur Alternatif Cibadak-Nagrak Sukabumi Amblas, Akses Ditutup

Bambu badan jembatan sudah lapuk demikian juga dengan kayu penyangga jembatan yang sudah reyot. Jembatan yang melintang di atas Sungai Cibugel, memiliki panjang sekitar 45 meter.

Ketua RT 05/05 Kampung Pasirpanjang Nurdin, mengatakan jembatan tersebut sudah berusia puluhan tahun dan dibangun atas swadaya warga dibantu pemerintah desa setempat. Jembatan itu sudah berulang kali diperbaiki.

"Jembatan itu dari dibangun hingga saat ini umurnya sekitar 20 tahun, keberadaan jembatan tersebut sangat penting namun kondisi sekarang sangat menghawatirkan," ujar Nurdin.

Warga, kata Nurdin, menginginkan jembatan gantung dengan kontruksi besi dan pakai tali sling, Sebab jembatan tersebut sebagai akses perekonomian juga pendidikan. "Kami sangat bergantung pada jembatan ini," ujar Nurdin.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sumberjaya Sudayat, menjelaskan jembatan di atas Sungai Cibugel tersebut ada dua dengan panjang dan lebar hampir sama. 

BACA JUGA: Perbaikan Jembatan Penghubung Selatan Sukabumi-Cianjur Butuh Rp 25 Miliar

Sudayat mengungkapkan, kondisi jembatan memang memprihantinkan. Jembatan banyak dilintasi warga untuk berpergian, ke pasar, menjual hasil pertanian dan akses pendidikan karena banyak anak menyeberang untuk sekolah, salah satunya ke SMPN Cikadu, Tegalbuleud. 

Menurut Sudayat, belum lama ini, dari Koramil Tegalbuleud sudah meninjau jembatan tersebut.

"Minggu kemarin kami bersama Danramil Tegalbuleud dan babinsa sudah mengecek kedua jembatan rawayan tersebut, mudah-mudahan keinginan warga bisa terjawab oleh TNI," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI