Sukabumi Update

Bayi yang Ditemukan di Cireunghas Sukabumi Bukan Diadopsi Tapi Dititipkan

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolsek Cireunghas, Iptu Eriyanto menegaskan, bayi perempuan yang ditemukan di teras rumah warga Kampung Bandang RT 15/04, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi itu bukan diadopsi. Tapi yang sebenarnya terjadi bayi tersebut dititipkan kepada Enuy (46 tahun).

Enuy adalah warga yang pertama kali menemukan bayi perempuan berbalut selimut biru itu, Senin (11/3/2019) petang.

"Prioritas kita adalah keselamatan bayi tersebut. Atas berbagai pertimbangan, kita akhirnya memutuskan mengamanahkan ibu Enuy untuk merawat anak tersebut. Bukan adopsi, tapi dititipkan," kata Eriyanto kepada sukabumiupdate.com, Rabu (13/3/2019).

BACA JUGA: Adopsi Anak Perempuan, Doa Umroh Enuy Cireunghas Sukabumi Yang Terkabul

Eriyanto menjelaskan bahwa proses adopsi tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus memenuhi SOP yang berlaku. Salah satunya harus atas izin atau sepengetahuan orang tua kandung dari bayi tersebut. "Ini kan orangtuanya juga belum kita temukan siapa," katanya.

Eriyanto mengungkapkan, pada saat hari kejadian, Enuy sudah meminta agar bisa merawat bayi tersebut. Bahkan, sesaat setelah bayi itu ditemukan, Eriyanto banyak menerima pesan WhatsAap dari masyarakat untuk mengadopsi anak tersebut.

"Saya tegaskan ini tidak bisa seenaknya diadopsi, harus ada orang tuanya dulu. Kebetulan, ibu Enuy sudah nungguin lama, nanya-nanya juga pengen ngerawat bayi itu," ujarnya.

Dalam hal ini, bayi tersebut kini terus dipantau keadaannya oleh polisi.

"Tentu kita pantau terus ibu Enuy juga karena ini amanah. Kita sudah lakukan peninjauan dan tanya-tanya ibu Enuy gimana, dari hasil itu kita yakinkan untuk menitipkan anak tersebut ke ibu Enuy," katanya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI